Kamis, 04 Desember 2008

MIMPI kali YEEE???

Seperti biasa, tiap akhir tahun, --tidak hanya dikantor saya saja, kaum buruh seperti saya menunggu kabar gembira dari kaum pemilik modal. Apalagi kalo bukan kabar kenaikan gaji atau dalam istilah pengurus SP (Serikat Pekerja), yaitu penyesuaian gaji. Disebut penyesuaian gaji, karena menurut mereka, gaji kita saat ini jauhh dari besarnya kebutuhan pokok yang harganya sudah naik semenjak BBM naik. So, harusnya gaji kita ini disesuaikan dengan kondisi yang ada diluar saat ini. Untuk itu pemerintah melalui SKB 4 menteri mengeluarkan pernyataan yang isinya bahwa kenaikan gaji tidak boleh kurang dari angka pertumbuhan ekonomi yang sebesar 7%. Kaum buruh memprotes keputusan tersebut yang akhirnya kembali diralat oleh pemerintah dengan menetapkan angka kenaikan gaji berdasarkan tingkat inflasi.

Penyesuaian gaji yang diusulkan oleh pengurus yaitu sebesar 25%. Komponen perhitungannya berdasarkan angka inflasi, jatuhnya nilai tukar rupiah terhadap dollar, juga berpatokan pada tingkat kenaikan gaji buruh ekspatriat. Wow...siapa sih yang tidak setuju ketika ditawari angka itu?? Tanpa ada paksaan, setujulah semua.

Bagi saya pribadi, bisa dinaikkan 15% saja saya sudah bersyukur. Yah mudah-mudahan angka itu bisa diperjuangkan pengurus hingga betul-betul ditetapkan. Salah satu teman saya mengatakan bahwa besarnya kenaikan gaji tahun ini akan diumumkan nanti malam dalam salah satu judul realiti show...mimpi kali yeee...!!! Hahahaha...

Tidak ada komentar: