Jumat, 28 November 2008

Library is a place to work oRRR...???

Berikut petikan ucapan dari Monty Python mengenai library yang ditempel dipintu keluar perpustakaan:
"I don't believe that libraries should be drab places where people sit in silence..."
Seperti biasa, saat lunch, students (terutama students year 7-year 11) pada senengnya ngerjain tugas, nongkrong en numpang berteduh di library. Begitu juga kemarin, library dipenuhi oleh students. Beberapa dari mereka ada yang mengerjakan homework. Ada juga yang sibuk didepan komputer, bahkan ada juga yang sekedar ngobrol. Mereka yang ngobrol terdiri dari beberapa meja. Tidak seperti biasanya, salah satu guru tampak masuk ke library, sebut saja mas Petruk (yg pernah lihat hidungnya Petruk, pasti tau). Sebelum naik ke lantai atas, tampak oleh saya dia menyapa beberapa murid yang sedang mengerjakan tugas.
Beberapa menit diatas, ia kembali turun. Nampak oleh saya, dia menghampiri salah satu murid yang sedang bekerja didepan komputer. Setelah itu, ia menghampiri saya dan bertanya apakah murid-murid diperkenankan untuk main games dikomputer. Tentu saja saya jawab tidak.
"Tapi itu ada anak yang main games kok!", demikian jawabnya.
Saya pun beranjak menghampiri si anak tersebut (dari mukanya sepertinya ia orang Korea). Benar saja, ia sedang bermain games, begitu juga teman yang duduk disampingnya. Langsung ia kena ceramah yang lumayan panjang dari mas Petruk. Lantas si mas Petruk berkata lagi ke saya, kalo kali ini library bukan seperti workspace, melainkan seperti playground.
Saya jelaskan bahwa biasanya kami akan menegur jika mereka sudah kelewat berisik dan jika teguran kami tidak digubris, maka kami akan mengusir mereka dari library.
"Klo ada bos kamu, Ms. S****** apakah keadaannya sama?"
"Ehm...kurang lebih sama. Cos, my boss juga harus teriak untuk menyuruh mereka diam. Tapi mungkin mereka "agak" takut sedikit dengannya."
Semenit kemudian, berteriaklah ia menyuruh mereka yang tidak mengerjakan apapun (ngobrol dan bercanda) untuk keluar dari library. Bahwa library bukanlah playground, dan bagi yang mau main, harap diluar saja.
Seperti biasa, dengan satu kali teriakan yang tinggi dan panjang, mereka lantas berbondong-bondong dan dengan kesadaran penuh, langsung keluar dari library. Lantas library pun hanya menyisakan beberapa students yang sedang mengerjakan tugas dan yang sedang bekerja didepan komputer. Kosong dan hening....

Tidak ada komentar: